Pohan, Novi Safitri (2014) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan Problem Posing pada pokok bahasan bangun datar kelas VII-B di SMPN 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika, dantentunya berdampak padahasil belajar siswa, khususnya pada materi bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII-B SMPN 4 Padangsidimpuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, Penelitianinidi lakukan dengan tujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar, dengan memberikan perlakuan yang dapat mangaktifkan siswa, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan tentunya hasil belajar siswa pun akan lebih baik lagi dikelas VII-B SMPN 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas VII-B di SMPN 4 Padangsidimpuan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, peneliti menggunakan sebuah pendekatan yaitu pendekatan problem posing. Dengan menggunakan pendekatan problem posing, diharapkan siswa dapat lebih mahir dalam memecahkan masalah, dikarenakan pendekatan ini memiliki kelebihan diantaranya yaitu: siswa akan terampil menyelesaikan soal tentang materi yang diajarkan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus diisi dengan dua pertemuan, Pada setiap pertemuan peneliti memberikan tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dengan instrument berbentuk tes esay dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan pendekatan problem posing di SMPN4 Padangsidimpuan, telah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan adanya peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa 59,85 dengan persentase ketuntasan 41,18 %. Pada pertemuan ke-2, nilai rata-rata siswa 64,85 dengan persentase ketuntasan 52,94%. Selanjutnya pada siklus II peningkatan terjadi dengan sangat pesat, yaitu pada pertemuanke-1 nilai rata-rata siswa mencapai 73,23 dengan persentase ketuntasan 70,58% dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat lagi hingga 81,17 dengan persentase ketuntasan 82,32%. Dengan peingkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai pada siklus II. Jadi, dapat dilihat bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan problem posing pada pokok bahasan bangun datar kelas VII-B di SMPN 4 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Erawadi,M.Ag dan Almira Amir,M.Si |
Keywords: | Problem Posing, Bangun datar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 08:34 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 08:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5184 |
Actions (login required)
View Item |