Batubara, Yusnaini (2014) Pengaruh teknik pembelajaran Make a Match terhadap kreativitas siswa pokok bahasan bangun datar kelas VII MTsN Simpang Gambir. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Faktor utama yang melatar belakangi penelitian ini adalah ketika dalam proses pembelajaran, banyak siswa yang kurang mampu dalam mengerjakan soalsoal/ masalah yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kreativitas. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi adalah guru kurang memberikan soal yang berguna mengembangkan kemampuan kreativitas siswa. Siswa hanya biasa dengan soal-soal yang sederhana saja. Kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah sangat minim sekali. Dalam belajar matematika siswa dituntut untuk mampu menyelesaikan soal dengan berbagai cara dan jawaban menunjukkan tingkat kemampuan kreativitas siswa. Dalam penelitian ini, teknik make a match diduga mempengaruhi kemampuan kreativitas siswa karena siswa dituntut untuk mampu mencocokkan antara soal dan jawaban secara tepat. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran make a match terhadap Kreativitas Siswa Pokok Bahasan Bangun Datar Kelas VII MTsN Simpang Gambir. Untuk melihat kemampuan kreativitas siswa dipergunakan analisa deskriptif kemudian untuk melihat perbedaan antara teknik pembelajaran make a match dipergunakan uji-t. Populasi penelitian ini berjumlah 155 orang siswa kemudian yang menjadi sampel adalah kelas VIIC berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan teknik make a match kemudian kelas VIIA berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol dan diajarkan dengan metode ceramah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan desain eksperimen non randomized control group pretest posttest design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan tes dan observasi, tes essay masing-masing 5 butir pernyataan untuk soal pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan uji t. Dari hasil tes kemampuan kreativitas diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat dari 56.375 menjadi 74.65 dan rata-rata kelas kontrol hanya meningkat dari 55.59 menjadi 64.5. berdasakan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh T.tabel = 1,999 dan T.hitung=12,37, sehingga T.hitung > T.tabel yaitu 12,37 > 1,999, artinya ada pengaruh teknik pembelajaran make a match terhadap kreativitas siswa pokok bahasan bangun datar kelas VII MTsN Simpang Gambir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.,M.Pd dan Almira Amir,M.Si |
Keywords: | Make a match, Bangun datar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 01:53 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 01:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5181 |
Actions (login required)
View Item |