Fitri, Yulia (2014) Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas IVC SDN 200512 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini merupakan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang rendah khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Hal ini disebabkan siswa masih kurang menguasai konsep yang diajarkan, sehingga siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal dalam mata pelajaran matematika, pada saat pembelajaran matematika berlangsung kebanyakan siswa hanya pasif, apabila guru bertanya siswa hanya diam dan tidak memberikan jawaban sehingga guru kebingungan apakah siswa tersebut sudah mengerti atau belum mengerti dengan materi yang disampaikan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model problem based learning (PBL) dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas IVC SDN 200512 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) yang dilakukan dengan metode siklus.Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan, yang bersifat reflektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara professional. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai observer, untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa maka instrument yang digunakan yakni tes yang berbentuk uraian, lembar observasi proses pembelajaran, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC SDN 200512 Padangsidipuan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 20 siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas IVC SDN 200512 Padangsidimpuan. Seperti data yang diperoleh bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 20% (4 dari 20 siswa tuntas) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 49,68, siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 35% (7 dari 20 siswa tuntas) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 57,18, siklus I pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 45% (9 dari 20 siswa tuntas) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 62,81. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80% (16 dari 20 tuntas) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 75,93 dan pada siklus II pertemuan 2persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 85% (17 dari 20 tuntas) dan nilai ratarata kelas yaitu 80,62. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dan telah mencapai 80% siswa yang tuntas belajar, maka penelitian ini telah dapat dihentikan dengan nilai yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Almira Amir dan Ahmad Nizar Rangkuti |
Keywords: | problem based learning; pemecahan masalah matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 03:40 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 03:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5177 |
Actions (login required)
View Item |