Nasution, Tetty Khairani (2014) Penerapan teknik jarimatika dalam upaya meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian bilangan pada siswa kelas II SD Negeri 100070 Lobulayan Kecamatan Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yakni kemampuan operasi hitung perkalian bilangan siswa kelas II SD Negeri 100070 Lobulayan pada kompetensi dasar melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan sampai dua angka belum sesuai dengan harapan. Untuk itu diperlukan suatu teknik pembelajaran yang tepat dengan tahapan perkembangan siswa kelas rendah. Dengan penerapan teknik jarimatika ini diharapkan dapat merubah pembelajaran yang bersifat hapalan serta membantu siswa untuk memudahkan berhitung secara efektif, cepat dan aktif. Penelitian ini mengupas permasalahan tentang apakahdenganmenerapkanteknikjarimatikadapatmeningkatkankemampuanoperasihitungperkalia nbilanganpadasiswakelas II SD Negeri 100070 Lobulayantahunajaran 2013/2014? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian bilangan melalui penerapan teknik jarimatika bagi siswakelas II SD Negeri 100070 Lobulayan, serta penelitian ini berfokus pada permasalahan tentang peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian siswa setelah diterapkan teknik jarimatika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas secara kolaboratif bersama guru kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 100070 Lobulayan tahun ajaran 2014 berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan denganmenerapkanteknikjarimatikadapatmeningkatkankemampuanoperasihitungperkalianbilang ansiswa. Peningkataninidapatdilihatdarimeningkatnyapersentasejumlahnilaisiswadanjuganilai rata-rata kelasterhadapmateri yang disampaikan.Padasiklus I pertemuan 1 diberikantindakanterlihatnilai rata-rata kelas 64,09 dengantingkatketuntasan 50% sebanyak 11 siswa yang tuntasdansiklus 1 pertemuan 2 diberikantindakanterlihatnilai rata-rata kelas 69,27 dengantingkatketuntasan 68,18% sebanyak 15 siswa yang tuntas. Sedangkansiklus II pertemuan 1diberikan tindakanterlihatnilai rata-rata kelas 77,59 dengantingkatketuntasan 81,81% sebanyak 18 siswa yang tuntasdansiklus II pertemuan 2 diberikantindakanterlihatnilai rata-rata kelas 81,77 dengantingkatketuntasan 86,36% sebanyak 19 siswa yang tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Darwis Dasopang dan Ahmad Nizar Rangkuti |
Keywords: | teknik jarimatika; operasi hitung perkalian bilangan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 03:00 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5174 |
Actions (login required)
View Item |