Wahyuni, Erna (2014) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assissted individualization) terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa pada materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 1 Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang pelaksanaan penelitian ini untuk mengatasi kondisi siswa yang kurang aktif, siswa yang cenderung diam, siswa malu bertanya padahal dirinya tidak paham akan materi yang diajarkan dan kurang terkontrolnya siswa dalam proses pembelajaran karena sering bercanda. Siswa menganggap bahwa materi garis dan sudut merupakan materi yang sangat sulit, dengan anggapan yang demikian banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran matematika adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assissted Individualization) terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa pada materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 1 Kotanopan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Non Randomized Control Group Pre Test Post Tes Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII dengan jumlah 185 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan random sampling atau sampel acak berkelompok yaitu kelas VIIC dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t yang diperoleh dari hasil uji perbedaan rata-rata yang menunjukkan = 9,361 1,996 . Dengan kata lain pemahaman konsep yang diajar me௧la௨lui model pembelajar௧an kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualizatiݐon) lebih baik dar>ipada peݐmahaman konsep siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa. Selanjutnya pengujian uji-t diperoleh dari hasil perbedaan rata- rata yang menunjukkan = 7,9482 1,996 . Dengan kata lain, komunikasi matematika sisw௧௨a yang diajar melalui model ௧pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisteݐd Individualization) >lebih baݐik daripada komunikasi matematika siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa” Ada Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa pada materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 1 Kotanopan”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; TAI (Team Assissted Individualization); Garis; Sudut |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 02:43 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 02:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5167 |
Actions (login required)
View Item |