Hasibuan, Elpi (2012) Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) Pada Pondok Pesantren Darul Ma’arif Basilam Baru Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan (suatu kajian masalah dan upaya penanggulangannya). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
073100082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (12MB) |
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Pondok Pesantren Darul Ma’arif Basilam Baru Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan? (2) Apa saja masalah yang ditemukan saat melaksanakan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Pondok Pesantren Darul Ma’arif Basilam Baru Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan? (3) Apa upaya yang dilakukan guru-guru dan komponen-komponen sekolah dalam menanggulangi Masalah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Pondok Pesantren Darul Ma’arif Basilam Baru Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan? Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Basilam Baru Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan. (2) Untuk mengetahui masalah yang ditemukan saat melaksanakan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Basilam Baru Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan. (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guruguru dan komponen-komponen sekolah dalam menanggulangi Masalah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Basilam Baru Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Adapun sebagai informan penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan santri/santriwati pondok pesantren Darul Ma’arif Basilam Baru. Untuk menghimpun data yang dibutuhkan digunakan teknik observasi dan wawancara secara langsung. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan langkah-langkah editing data, reduksi data, interpretasi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terlaksana secara efektif, akan tetapi masih ada masalah yang ditemukan saat melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dari hasil tersebut sudah tergambar bahwa pelaksanaan pembelajaran mengenai metode dan media masih kurang diperhatikan, masalah kurikulum, masalah santri/santriwati, guru dan pihak sekolah. Upaya untuk menanggulangi masalah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah: Lebih ditingkatkan kedisiplinan guru dalam mengajar. Merumuskan dan memperbaiki kurikulum kearah yang lebih baik serta mengikut sertakan guru-guru dalam penataran-penataran agar para guru mengetahui cara menyusun kurikulum yang baik. Meningkatkan media pembelajaran dengan cara guru yang mengajar harus kreatif dan aktif dalam menggunakan media yang ada. Setiap guru memahami dan menguasai metode yang bervariasi. Menambahi waktu jam pelajaran, tidak hanya belajar pagi sampai siang hari saja akan tetapi dilanjutkan sampai sore hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Muslim Hasibuan, M.A dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Masalah dan Upaya Penanggulangannya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 02:07 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 02:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5158 |
Actions (login required)
View Item |