Siregar, Rika Sartika (2012) Urgensi keteladanan guru dalam penerapan kode etik santri Pondok Pesantren Nurul Falah Panompuan Kec Angkola Timur Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
073100023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Masalah yang diangkat dalam pendidikan ini adalah bagaimana keteladanan guru yang dilaksanakan dalam pondok pesantren Nurul Falah, bagaimana bentuk kode etik santri yang diterapkan di pondok pesantren Nurul Falah. Bagaimana urgensi keteladanan guru dalam penerapan kode etik santri di pondok pesantren Nurul Falah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keteladanan guru yang dilaksanakan dalam pondok pesantren Nurul Falah, untuk mengetahui bentuk kode etik santri yang diterapkan di pondok pesantren Nurul Falah, untuk mengetahui keteladanan guru dalam penerapan kode etik santri di pondok pesantren Nurul Falah. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif artinya mendeskripsikan data yang di temukan secara sistematis. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada responden, observasi dan dokumentasi. Setelah itu dianalisis dengan menggunakan metode komprasi konstan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa keteladanan guru yang dilaksanakan dalam pondok pesantren Nurul Falah kurang baik, hal ini dilihat dari pengalaman keteladanan belum terlaksanakan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dalam pelaksanaan ibadah shalat fardhu. Kebanyakan dari guru pesantren tersebut hanya mampu menyampaikan materi untuk berakhlak mulia. Namun guru sendiri belum berakhlak sesuai dengan ajaran syariat islam. Begitu halnya dengan bentuk kode etik santri yang diterapkan di pondok pesantren Nurul Falah kurang baik. Hal ini dilihat dari pelaksanaannya tidak sesuai dengan selayaknya pesantren. Meskipun kode etik diterapkan setiap hari seperti kode etik santri menghormati guru ketika berjumpa atau berkunjung kerumah guru seharusnya terlebih dahulu mengucapkan salam. Sama halnya dengan keteladanan guru dalam menerapkan kode etik santri di pondok pesantren Nurul Falah kurang baik hal ini dapat dilihat dari sikap dan perilaku guru sesuai dengan yang di ajarkan, para guru hanya menerapkan kode etik santri berupa pesantren di lingkungan pesantren sementara guru-guru tersebut tidak mampu melaksanakan dengan baik. Santri tidak mungkin berhasil tanpa adanya teladan yang baik dari gurunya, karena sumber utama dalam mencapai keberhasilan adalah dari kemampuan guru itu sendiri dalam mengajari dan mengaplikasikan di depan santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Hasiah, M.Ag |
Keywords: | Keteladanan Guru; Penerapan Kode Etik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 01:53 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 01:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5157 |
Actions (login required)
View Item |