Maslena, Maslena (2012) Manajemen Mutu pendidikan agama islam di SMA Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
073100130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (705kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Manajemen Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok” adapun masalah yang diteliti dalam pembahasan skripsi ini adalah sesuai dengan rumusan masalah yaitu Bagaimanakah manajemen mutu pendidikan di SMA Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok?, Apa faktor penghambat manajemen mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok?, Apa solusi terhadap faktor penghambat manajemen mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok?. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui manajemen mutu pendidikan agama Islam di SMA Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok, Untuk mengetahui apa penghambat manajemen mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok. Untuk mengetahui apa solusi terhadap faktor penghambat manajemen mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok. Jenis penelitian inin adalah menggunakan kualitatif yaitu dilakuka dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisis yang logika ilmiah. Sedangkan instrument pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan bahwa manajemen mutu pendidikan SMA Negeri Sipiongot Kecamatan Dolok sudah berjalan dengan baik. Dan dikategotikan sudah bermutu. Akan tetapi masih banyak teradapat factor penghambat dalam pencapaian mutu pendidikan agama islam, kurangnya jam pelajaran yang disediakan hanya dua jam pelajaran dalam seminggu dan kurang fasilitas dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan lain-lain. Dan solusi terhadap fakto-faktor penghambat manajemen mutu pendidikan agama islam antara lain. 1) Guru bisa membuat jam pelajaran di luar sekolah dan memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah, 2) Sekolah menambahi fasilitas yang kurang dalam proses belajar pendidikan agama Islam, 3)Guru dapat memberikan perhatian lebih, memberikan tambahan waktu, memberikan tugas pekerjaan rumah dan lain-lain, 5) Masyarakat harus lebih memperhatikan anak didik agar mereka bisa lebih termotivasi. 5) Guru harus mengamati siswa mereka apa kelemahan mereka sehingga mereka kurang berminat dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag, dan Drs. Samsuddin M.Ag |
Keywords: | Manajemen Mutu pendidikan Agama Islam., Penghambat Manajemen Mutu Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 06:37 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 06:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5148 |
Actions (login required)
View Item |