Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melalui pendekatan matematika realistik kelas I A SD Negeri 2 GunungTua

Pohan, Patimatul Ahiria (2013) Peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melalui pendekatan matematika realistik kelas I A SD Negeri 2 GunungTua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dapat ditingkatkan melalui pendekatan matematika realistik kelas IA SD Negeri 2 Gunung Tua. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melalui pendekatan matematika realistik kelas I ASD Negeri 2 Gunung Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Gunung Tua yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponenyaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melalui pendekatan matematika realistik kelas IA SD Negeri 2 Gunung Tua. Terlihat dari ketuntasan yang diperoleh adalah 12,90% dan pada siklus I nilai ketuntasan yang diperoleh adalah 38,70% sedangkan padasiklus II nilai yang diperoleh adalah 70,96%. Dengan peningkatan siswa yang tuntas belajar sebelum siklus 4 orang, padasiklus I 12 orang dan pada siklus II meningkat menjadi 22 orang. Hasil ini juga didukung oleh observasi semakin meningkatnya ketuntasan yang diperoleh dari hasil tes maka kemampuan siswa dalam menangkap tiap makna kalimat, memisahkan dan mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dan apa yang ditanyakan dalam soal, membuat operasi yang cocok dalam pengerjaan soal juga semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda dan Almira Amir
Keywords: kemampuan siswa; pokok bahasan penjumlahan; pengurangan bilangan cacah pendekatan matematika realistik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:19
Last Modified: 21 Sep 2020 07:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5119

Actions (login required)

View Item View Item