Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penguasaan himpunan terhadap hasil belajar pemetaan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Siregar, Ida Warni (2013) Pengaruh penguasaan himpunan terhadap hasil belajar pemetaan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran matematika bersifat hierarki artinya materi yang dipelajari dalam matematika selalu berhubungan dengan materi yang akan dipelajari berikutnya. Jadi, untuk menguasai suatu materi matematika terlebih dahulu harus menguasai materi yang paling dasar dan menguasai materi persyaratan untuk materi yang berhubungan. Salah satu materi matematika di kelas VIII adalah pemetaan, maka untuk menguasai materi tersebut harus mnenguasai himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antar penguasaan himpunan terhadap hasil belajar matematika materi pemetaan di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah penguasaan himpunan dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika pada materi pemetaan. Penelitian ini menggunakan metode kolerasi yaitu untuk melihat hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Karena pelajaran sudah lewat maka penelitian dikatakan penelitian ex post facto adalah yang, melihat kebelakang. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 246 orang. Kemudian, pengambilan sampel dilakukan denagn teknik random sampling (pengambilan secara acak) dimana setiap populasi kelas, maka diperoleh sampel sebesar 47 orang. Pengumpulan data yang diperoleh dianalisis dengan dua tahap. Tahap pertama, analisis mean, median, modus, distribusi frekuensi dan histogram dari variabel-variabel penelitian. Sedangkan tahap kedua, analisis diferensial bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan rumus product moment (untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y) pada interval kepercayaan 95% serta rumus uji t (untuk uji signifikan variabel penelitian) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji hipotesis dengan rumus product moment diperoleh rhitung = 6,349 > rtabel = 0,288 dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 40%. Sedangkan untuk uji t, diperoleh nilai thitung = 5,523 > ttabel = 1,67. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan himpunan terhadap hasil belajar matematika pada materi pemetaan di kelas VIII SMP negeri 8 Padangsidimpuan.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asmadawati dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: Penguasaan himpunan; hasil belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2020 07:24
Last Modified: 19 Sep 2020 07:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5092

Actions (login required)

View Item View Item