Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penguasaan konsep bangun datar terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 padangsidimpuan

Nasution, Edi Rahman Fadli (2012) Pengaruh penguasaan konsep bangun datar terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika bersifat hierarki artinya bahwa materi yang dipelajari dalam matematika selalu berhubungan dengan materi yang akan dipelajari berikutnya. Jadi, untuk menguasai suatu materi matematika terlebih dahulu harus menguasai konsep materi sebelumnya. Salah satu materi matematika di kelas VIII adalah bangun ruang sisi datar, maka untuk menguasai materi tersebut harus menguasai konsep bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan konsep bangun datar terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah penguasaan konsep bangun datar dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode korelasi yaitu untuk melihat hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 251 orang. Kemudian, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (pengambilan secara acak) di mana setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Sampel penelitian diperoleh dari 12 % dari tiap populasi kelas, maka diperoleh sampel sebesar 32 orang. Pengumpulan data yang diperoleh dianalisis dengan dua tahap. Tahap pertama, analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara singkat, teratur dan jelas mengenai mean, median, modus, distribusi frekuensi dan histogram dari variabel-variabel penelitian. Sedangkan tahap kedua, analisis inferensial bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan rumus product moment (untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y) pada interval kepercayaan 95 % serta rumus uji t (untuk uji signifikansi variabel penelitian) pada taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan uji hipotesis dengan rumus product moment diperoleh r hitung = 0,928 > r tabel = 0,349 dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 86 %. Sedangkan untuk uji t, diperoleh nilai t hitung = 13,597 > t tabel = 2,042. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan konsep bangun datar terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Thamrin Nasution dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Hasil belajar matematika; Bangun ruang sisi datar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:43
Last Modified: 18 Sep 2020 08:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5087

Actions (login required)

View Item View Item