Siregar, Risna Yani (2013) Pengaruh penggunaan media elektronik (laptop dan infokus) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muara Batangtoru berdasarkan informasi dari salah satu guru di sekolah tersebut bahwa masih rendahnya penguasaan siswa terhadap pokok bahasan lingkaran dan siswa masih kesulitan untuk menyelesaikan soal-soal lingkaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media elektronik (laptop dan infokus) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media elektronik (laptop dan infokus) terhadap hasil belajar matematika siswa pada mater pokok lingkaran di kelas VIII SMP Nergeri 1 Muara Batangtoru. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan media elektronik (laptop dan infokus) sebagai penyampaian materi dalam proser pembelajaran. Media elektronik (laptop dan infokus) merupakan media yang sangat menarik apa bila dijadikan sebagai perantara pembelajaran dengan menggunakan aflikasi powerpoint yang mempunyai desain, animasi, gambar dan lain- lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan preetest-posttest control group. Sampel penelitian yang diambil yaitu seluruh kelas VIII yang berjumlah 78 siswa, kelas VIII-1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 dengan jumlah 38 siwa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes bentuk multiple choice. Sedangkan untuk pengelolaan dan analisis data adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normal dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung=11,89 > ttabel=2,00, dari perhitungan tersebut jelas terlihat penolakan H0 dan penerimaan Ha. Dengan demikian Ha:µ1>µ2 diterima, artinya rata-rata hasil belajar pada materi ajar lingkaran dengan menggunakan media elektronik (laptop dan infokus) lebih baik dari rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan media elektronik (laptop dan infokus). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu terdapat pengaruh signifikan (menyakinkan) antara penggunaan media elektronik (laptop dan infokus) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Misran Simanungkalit, M.Pd. dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Media Elektronik; Laptop; Infokus; Hasil Belajar Matematika; Lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 07:14 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 07:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5082 |
Actions (login required)
View Item |