Tambunan, Sahlan Iskandar (2015) Hubungan motivasi dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah hasil belajar lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan belum maksimal disebabkan motivasi siswa masih rendah sehingga kurangnya kemampuan siswa dalam memahami pokok bahasan lingkaran yang berakibat pada hasil belajar siswa, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan tahun ajaran 2014-2015 sebanyak 232 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu 42 siswa atau 18% dari jumlah siswa setiap lokal. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket pada motivasi dan tes hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Untuk pengolahan data dan analisa data menggunakan rumus korelasi spearman rank dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini memperlihatkan ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan dengan kategori “sedang”, yaitu ditemukan angka korelasi hitung = 0,50. Hubungan tersebut signifikan, ini dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai thitung = 3,65. Di mana nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel = 2,021 untuk interval kepercayaan 5 % dengan dk = n-2 = 40. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa semakin baik motivasi yang diberikan, maka hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan akan semakin baik pula.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 07:03 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 07:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5081 |
Actions (login required)
View Item |