Jannah, Roudotul (2018) Pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri yang dimiliki siswa siswi SMP Negeri 1 Portibi masih rendah, disebabkan mereka selalu berpikiran negatif tentang dirinya, sehingga potensi yang sebenarnya ada dalam dirinya tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan keadaan seperti itu seorang siswa akan kehilangan motivasi untuk mencapai prestasi dalam belajar, kondisi ini akan mempengaruhi hasil belajar yang mereka peroleh. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Portibi, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Portibi, untuk mengetahiu ada pengaruh yang signifikan percaya diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Portibi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, ex post facto (sesudah fakta). Untuk mengumpulkan data digunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari angket, dokumentasi hasil belajar. Pengolahan data statistik menggunakan rumus product moment dengan sampel sebanyak 33 orang diambil dari seluruh siswa SMP Negeri 1 Portibi kelas VIII. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Negeri 1Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Portibi adalah 89,5% yaitu berada pada kategori sangat baik, dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa adalah 91,0% berada pada kategori sangat baik, dan diperoleh rxy = 0,702 > rhitung 0,3440 kuat, thitung =17,737 > ttabel 0,682 terdapat hubungan yang signifikan, dan Fhitung 8,308 dibandingkan dengan Ftabel dk =n-2 =31, maka Ftabel = 4,16, karena Fhitung >Ftabel (8,308> 4,16) sehingga ada pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa, adapun sumbangan X terhadap Y sebesar 49,2%, nilai variable Y dapat diprediksikan dengan variable X berdasarkan persamaan regresi linier Ỳ=a + bx = 40,264 + 0,601X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kepercayaail diri; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 07:16 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 14:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/508 |
Actions (login required)
View Item |