Siregar, Nikma Hayati (2012) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat melalui pembelajaran jariaritmetika siswa kelas II MIN Sibuluan Pandan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Sebagai latar belakang masalah penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa kelas II rendah . karena siswa merasa kesulitan menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat, terutama pada penjumlahan dan pengurangan sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas II MIN Sibuluan. Dan kebanyakan siswa bisa menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat harus menggunakan alat bantu hitung, masih belum bisa hitung di otak (kepala) dengan berpikir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah MIN Sibuluan yang beralamat di Jln.P.Sidinpuan Kel. Sibuluan Nalambok Kec. Sarudik Tapanuli Tengah, selama + dua bulan mulai bulan Februari sampai bulan Mei. Sebelum tindakan siklus dilaksanakan, siswa terlebih dahulu adiberikan tes tulis berupa Soal penjumlahan dan pengurangan operasi hitung bilangan bulat, sebagai acuwan pelaksanaan tindakan siklus. Sebagai proses dalam mengumpulkan data yang diperoleh dalam penelitian ini maka dilaksanakan 2 siklus yang melalui empat tahap yaitu; pecencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data peningkatan hasil belajar siswa maka diadakan tes berupa soal setiap selesai pelaksanaan satu siklus. Dengan demikian maka dapat dilihat nilai rata-rata siswa dan persentasenya. Penelitian ini bertujuan untuk memberi kemudahan siswa menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat pada penjumlahan dan pengurangan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa hingga 90%. Serta dapat bermanpaat memudahkan guru menjelaskankan masalah operasi hitung bilangan bulat pada siswa yang tidak mampu menyelasaikan operasi hitung bilangan bulat tanpa alat hitung. Dan guru bisa juga mengasa kreatipitas siswa dengan menggerak-gerakkan jari-jari tangan mereka. Metode Jariaritmetika berguna mengganti alat bantu hitung siswa dengan sepuluh jari tangan mereka Dari penelitian dan hasil pelaksanaan tindakan yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Jariaritmetika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II MIN Sibuluan hingga 90%.hanya dengan 10 jari tangan siswa bisa menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat yang tidak terbatas, sehingga memudahkan siswa menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan bulat yang berakibat pada peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Suparni, S.Si, M.Pd |
Keywords: | Operasi Hitung Bilangan Bulat; Pembelajaran Jariaritmetika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 07:05 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 07:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5070 |
Actions (login required)
View Item |