Tanjung, Medani Sari (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Siswa (SPPKB) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri di kelas X-3 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Siswa (SPPKB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri di Kelas X-3 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan”, strategi pembelajaran ini sifatnya melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, dapat memahami bagaimana belajar, mengembangkan kemampuan berpikir, dan memotivasi diri sendiri. Sehingga siswa terlihat lebih berusaha mencari dari sumber-sumber penunjang lainnya yang relevan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu, penerapan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa menjadi lebih berkualitas dan bermakna, yaitu salah satunya dengan penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir siswa (SPPKB). Dengan penerapan strategi ini diharapkan dapat merubah pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centred) kepada pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centred) serta membantu siswa memahami materi pelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajarnya melalui peningkatan pemahamannya serta kemampuan berpikirnya. Secara umum penelitian ini mengupas permasalahan tentang bagaimanakah hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir siswa (SPPKB) di kelas X-3 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan? dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri melalui penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir siswa (SPPKB) di kelas X-3 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan di kelas X-3 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, dengan desain penelitian tindakan kelas jenis kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan bentuk siklus berulang yang di dalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflection), dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir siswa (SPPKB) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X-3 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil tes setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebagai berikut. Pada siklus I pertemuan-1 terdapat peningkatan yaitu dari nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 65,37 dengan kata lain persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 37,50 % menjadi 70,12 atau persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 40,50 %; kemudian pada pertemuan-2 meningkat menjadi 75,25 atau persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 67,50 %. Pada siklus II pertemuan-1 tetap mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I pertemuan-2 yaitu dari 75,25 menjadi 77,00 atau persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 75 % selanjutnya pada pertemuan-2 nilai rata-rata kelas semakin meningkat menjadi 81,12 dengan kata lain persentase ketuntasan belajar matematika siswa sebesar 82,50 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs.Samsuddin,M.Ag dan Almira Amir,M.Si |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Siswa (SPPKB), Hasil belajar matematika, Materi trigonometri |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 07:41 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 07:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5064 |
Actions (login required)
View Item |