Telaumbanua, Nisradiyanti (2014) Pengaruh penggunaan strategi mastery learning dan sumber belajar terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi pendidikan agama islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Adapun masalah dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi mastery learning terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan sumber belajar terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, dan apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi mastery learning dan sumber belajar secara simultan terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi mastery learning terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan sumber belajar terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi mastery learning dan sumber belajar secara simultan terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 5 Padangsidimpuan yang beragama Islam Tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 458 orang. Siswa kelas XII tidak dijadikan sampel, karena akan mengikuti ujian akhir sekolah. Oleh sebab itu yang dijadikan populasi hanya kelas X dan XI saja, yang berjumlah 312 orang, sedangkan untuk sampel adalah kelas X dan XI berjumlah 48 orang diambil dari 15%. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah angket. Dari analisis penggaruh penggunaan strategi mastery learning terhadap motivasi berprestasi adalah positif dan cukup tinggi. Hal ini sesuai dengan analisis data yang dilakukan, dengan skor 0,463. Penggaruh penggunaan sumber belajar terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,274, adalah positif dan tergolong rendah. Dan dari hasil analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil 0,560 tergolong cukup tinggi, artinya pengaruh penggunaan strategi mastery learning dan sumber belajar secara simultan terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs.Sahadir Nasution,M.Pd dan Zulhammi,M.Ag,M.Pd |
Keywords: | Strategi mastery learning, Motivasi berprestasi siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 01:47 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 01:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5041 |
Actions (login required)
View Item |