Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode Role Playing dalam upaya meningkatkan keterampilan belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII-4 SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Nisa, Nia Hairun (2014) Penerapan metode Role Playing dalam upaya meningkatkan keterampilan belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII-4 SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang ditemukan sulit dalam mengembangkan keterampilan belajar siswa khususnya materi Aritmetika Sosial, karena siswa masih cenderung proses belajar dengan satu arah yang mengakibatkan kurangnya keaktifan dan keterampilan belajar mereka seperti, berkomunikasi, mengingat dan memahani, serta berani untuk bertanya. Rumusan masalahnya apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa pada meteri aritmetika sosial kelas VII -4 SMP Negeri 10 Padangsidimpuan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode role playing dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII-4 SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dengan empat tahapan dan setiap satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan observasi/pengamatan secara langsung kelapangan, dengan mengamati peningkatan keterampilan belajar siswa terhadap materi yang diajarkan. Setelah data dari objek yang diamati telah terkumpul maka peneliti menganalisis data secara deskriptif. Untuk melihat peningkatan ketuntasan siswa secara individual maupun secara klasikal. Ketuntasan individual untuk melihat keterampilan siswa secara individu dengan persentase ketuntasan > 55%. Sedangkan ketuntasan klasikal untuk melihat ketuntasan siswa secara umum dari jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individual dengan jumlah keseluruhan siswa agar mencapai > 60%. Berdasarkan hasil peneitian yang diperoleh bahwa keterampilan belajar siswa pada materi aritmetika sosial meningkat dengan menggunakan metode role playing, ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada siklus I pertemuan I masih sebanyak 10 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 33,33%, pada petemuan II meningkat menjadi 16 orang siswa yang tuntas dengan persentase klasikal 53,33%. Kemudian jumlah ketuntasan klasikal meningkat menjadi 63,33% dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang siswa pada siklus II pertemuan pertama, pada pertemuan kedua ketuntasan klasikal sudah jauh meningkat menjadi 76,67% dengan jumlah siswa 23 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II ketuntasan klasikal sudah mencapai persentase yang ditargetkan yaitu > 60 %. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa keterampilan belajar siswa pada materi aritmetika sosial dengan menggunakan metode role playing dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Nasruddin Hasibuan,M.Pd dan Suparni,S.Si.,M.Pd
Keywords: Role playing, Meningkatkan belajar siswa, Aritmetika sosial
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 16 Sep 2020 08:47
Last Modified: 16 Sep 2020 08:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item View Item