Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh concept mapping terhadap kemampuan kognitif matematika siswa pokok bahasan operasi hitung pecahan kelas V SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan

Harahap, Doriana (2014) Pengaruh concept mapping terhadap kemampuan kognitif matematika siswa pokok bahasan operasi hitung pecahan kelas V SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi penjumlahan pecahan dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan concept mapping terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung pecahan di kelas V SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh concept mapping terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung pecahan di kelas V SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif matematika siswa adalah dengan menggunakan concept mapping sebagai model dalam pembelajaran. Concept Mapping merupakan model pembelajaran yang kreatif digunakan guru dengan meminta siswa untuk membuat peta konsep atau kata-kata kunci dari suatu pokok persoalan sebagai rumusan inti pelajaran agar siswa mudah memahami operasi penjumlahan pada pecahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok non ekuivalen (untreated control group design with pretest and postest).Sampel penelitian yaitu seluruh kelas V yang berjumlah 62 siswa, kelas V Sa’ad bin Abi Waqas yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V Mus’ab bin Umair dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk multiple choice, observasi, dan wawancara. Analisis data digunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 12,1 > ttabel = 2,00, sehingga penolakan H0 dan penerimaan Ha. Artinya kemampuan kognitif siswa pada materi penjumlahan pecahan menggunakan concept mapping lebih baik dari pada kemampuan kognitif siswa yang tidak menggunakan concept mapping. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh signifikan (meyakinkan) antara penggunaan concept mapping terhadap kemampuan kognitif matematika siswa pokok bahasan Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni dan Almira Amir
Keywords: concept mapping; kemampuan kognitif matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:17
Last Modified: 16 Sep 2020 04:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5022

Actions (login required)

View Item View Item