Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model problem based instruction terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok matriks di kelas XI SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan

Pasaribu, Epriani (2014) Pengaruh model problem based instruction terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok matriks di kelas XI SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan. Peneliti memilih tempat ini karena berdasarkan observasi pra penelitian siswa SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan masih memiliki hasil belajar matematika yang rendah. Siswa merasa sulit mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan dengan materi pelajaran matematika yang lain secara mandiri. Siswa memerlukan bantuan orang lain ketika mengerjakan soal yang lebih sulit sehingga siswa dapat memahami informasi yang terdapat dalam sebuah masalah, siswa dapat membuatnya dalam model matematika kemudian menyelesaikannya dengan benar. Dengan model pembelajaran Problem Based Instruction siswa dapat saling berinteraksi baik antara perorangan, anggota kelompok maupun antara kelompok. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Matriks di Kelas XI SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen. Untuk melihat gambaran hasil belajar matematika siswa dipergunakan analisa statistik deskriptif dan uji-t. Populasi penelitian ini berjumlah 178 siswa. Kemudian sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik “Purpossive Sample”, yaitu dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Berdasarkan hal tersebut, yang dijadikan sampel adalah kelas XI-B Akuntansi Keuangansebagai kelas eksprimen yang berjumlah 38 orang dan diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction kemudian kelas XI-A Akuntansi Keuangansebagai kelas kontrol yangberjumlah 37 siswa dilaksanakan pembelajaran seperti biasa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda (Multiple Choice). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Matriks di Kelas XI SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan, dimana nilai rata-rata kelas eksprimen dari 69,5 menjadi 84,55. Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung= 12,21 >ttabel= 1,980. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, bunyi hipotesis yang diterima adalah ada Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Matriks di Kelas XI SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi dan Almira Amir
Keywords: problem based instruction; materi pokok matriks
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam/Ahwal Syakhsyiah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:58
Last Modified: 16 Sep 2020 03:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item