Saputra, Darto (2013) Pengaruh kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas terhadap proses pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas dalam belajar matematika kelas X di SMA Negeri 1 Angkola Selatan, Bagaimanakah proses pembelajaran matematika kelas X di SMA Negeri 1 Angkola Selatan dan Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas terhadap pembelajaran matematika kelas X di SMA Negeri 1 Angkola Selatan? . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan yang berjumlah 113 orang, sedangkan yang menjadi sampelnya sebanyak 32,5% yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas dalam belajar matematika kelas X di SMA Negeri 1 Angkola Selatan, Untuk mengetahui proses pembelajaran matematika kelas X di SMA Negeri 1 Angkola Selatan, Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas terhadap pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, disajikan dalam bentuk deskripsi menggunakan angka-angka statistik. Instrumen yang digunakan untuk kedua variabel adalah angket bentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban Dari analisa data diperoleh beberapa temuan yaitu nilai rata-rata variabel kompetensi professional guru dalam mengelola kelas adalah 57,54, dengan standar deviasi mencapai 8,058. Juga dapat diketahui hasil variabel dari proses pembelajaran matematika dengan rata-rata 56,92 dan standar deviasinya 7,782. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan terlebih dahulu dilakukan penghitungan skor-skor yang diperoleh responden kemudian dihitung koefisien korelasi dengan rumus product moment. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi antara variabel kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas terhadap proses pembelajaran matematika kelas X di SMA N 1 Angkola Selatan maka pengujian hipotesis diperoleh koefisien korelasinya sebesar 0,964. Kemudian untuk menguji kebenaran hipotesis yang diajukan digunakan teknik korelasi Product Moment, maka rhitung yang diperoleh dikonsultasikan terhadap rtabel. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan dk = N – 2 = 37 – 2 = 35 adalah 0,334. Maka rhitung = 0,964 > rtabel = 0,334. Hal ini berarti “Ada pengaruh yang signifikan kompetensi professional guru dalam mengelola kelas terhadap proses pembelajaran matematika kelas X di SMA N 1 Angkola Selatan dengan kategori “sangat kuat”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asmadawati, M.A dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Kompetensi Profesional Guru; Mengelola Kelas; Proses Pembelajaran Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 04:26 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 04:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5013 |
Actions (login required)
View Item |