Lubis, Parsaulian (2012) Penerapan empati dalam melaksanakan tugas mengajar guru dan kaitannya dengan motivasi belajar siswa di SD Inpres Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
073100179.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Empati merupakan perwujudan kasih sayang sesama manusia yang mampu merasakan yang dirasakan orang lain, mampu memahami perspektif mereka, menumbuhkan hubungan saling percaya dan menyelaraskan diri dengan orang lain. Penerapan empati bagi seorang guru sangat dibutuhkan untuk memotovasi peserta didik dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan empati dalam tugas mengajar guru di SD Inpres Salambue Padangsidimpuan Tenggara, bagaimanakah motivasi belajar siswa di SD Inpres Salambue Padangsidimpuan Tenggara, dan apakah ada hubungan yang signifikan antara penerapan empati dalam tugas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa di SD Inpres Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini seluruh siswa-siswi yang melangsungkan proses belajar mengajar di SD Inpres Salambue Padangsidimpuan Tenggara yang berjumlah 421 orang, namun dalam penelitian ini penulis mengambil populasi dari siswa kelas V dan VI yang berjumlah 155 jiwa, karena siswa kelas V dan VI yang penulis yakini dapat memahami dan menjawab angket yang akan peneliti berikan. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 25% dari 155 orang, yaitu 39 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan analisis data menggunakan rumus Korelasional Product Moment. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment terdapat hubungan antara penerapan empati dalam melaksanakan tugas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa di SD Inpres Salambue Padangsidimpuan Tenggara dengan diketahui nilai rxy sebesar 0,581 dan nilai rtabel dengan taraf signifikan 5 % adalah 0,316 dan pada taraf signifikan 1 % adalah 0,408. Nilai rxy 0,581 lebih besar (>) dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0,316) dan pada taraf signifikan 1% (0,408). Selanjutnya untuk mengetahui kesignifikanan dilakukan uji t dengan hasil thitung 4,342 lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 0,05 (1.6879) dan pada taraf signifikan 0,01(2.4332), maka hipotesis diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara penerapan empati dalam melaksanakan tugas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa di SD Inpres Salambue Padangsidimpuan Tenggara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Agus Salim Daulay, M.g dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A |
Keywords: | Tugas Mengajar Guru., Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 01:17 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 01:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4995 |
Actions (login required)
View Item |