Siregar, Berade Afni (2014) Pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, & Review) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi himpunan siswa kelas VII MTsN Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsN Batang Angkola belum maksimal, karena dalam proses pembelajaran guru tidak mampu menarik perhatian siswa, sehingga antusias siswa dalam mengikuti pelajaran cukup rendah. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model/ metode SQ3R terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan himpunan siswa kelas VII MTsN Batang Angkola Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest-postest control group design dengan satu macam perlakuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Batang Angkola sebanyak 154 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster sampel atau sampel kelompok. Jadi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dengan jumlah 32 siswa (kelas eksperimen) dan kelas VII2 dengan jumlah 40 siswa (kelas kontrol). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah rumus Chi-Kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = 6,46 > ttabel = 2,00 metode ini menunjukkan, ada pengaruh yang signifikan antara metode SQ3R terhadap pemahaman konsep matematika pada materi himpunan siswa kelas VII MTsN Batang Angkola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Model pembelajaran SQ3R; Himpunan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 03:04 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 03:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4966 |
Actions (login required)
View Item |