Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan

Pane, Zakiatun Hasanah (2014) Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya siswa yang memiliki/mengalami hasil belajar yang rendah atau belum mencapai hasil yang diharapkan, rendahnya penguasaan siswa terhadap materi. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa materi fungsi. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 150 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dimana kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk multiple choice. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t, serta uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 78 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 76. Dan berdasakan perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 2,631 dan ttabel = 1,996. Karena thitung > ttabel (2,631 > 1,996), maka Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa materi fungsi di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda dan Suparni
Keywords: penerapan model pembelajaran; cooperative script; materi fungsi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:23
Last Modified: 14 Sep 2020 07:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item View Item