Fitri, Hasnah (2014) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) terhadap hasil belajar matematika materi faktorisasi suku aljabar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Masalah dalam pendidikan di SMP Negeri 5 Panyabungan , ternyata masih banyak siswa yang kurang mampu menguasai materi faktorisasi suku aljabar. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan model pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran matematika tersebut menimbulkan kejenuhan maupun kebosanan siswa. Metode yang digunakan tidak sesuai dengan materi pembelajaran, begitu juga dengan kegiatan pembelajaran hanya terfokus untuk mengejar silabus yang diberikan, letak kesulitan siswa dan tingkat kemampuan tidak diperkirakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI (team assited Individualization). Dalam penelitian ini ada suatu permasalahan yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TAI (team assited individualization) dengan hasil belajar matematika siswa pada materi faktorisasi suku aljabar di SMP Negeri 5 Panyabungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan berjumlah 157 orang siswa yang terdiri dari 5 kelas. Adapun teknik pengambilan sampelnya adalah nonprobability yaitu kelas VIII1 dan kelas VIII2. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil belajar siswa pada materi faktorisasi suku aljabar yang menggunakan model pembelajaran TAI (team assisted individualization) memiliki rata-rata 81.25 dan simpangan baku 8.17. Hasil belajar siswa pada materi faktorisasi suku aljabar yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 73.56 dan simpangan baku 9.53. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis yang diperoleh thitung = 3.49 ttabel = 2.000. Dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan begitu pula sebaliknya Ha diterima, karena thitung > dari ttabel maka “ Ada Pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran team assisted individualization terhadap hasil belajar siswa materi pokok faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asmadawati, M.A. dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Team Assisted Individualization; Aljabar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 03:33 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 03:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4938 |
Actions (login required)
View Item |