Afandi, Ratno (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan alat peraga potongan balok dalam menyelesaikan soal penjumlahan dann pengurangan pecahan di kelas iv SD Negeri 100105 aek lubuk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 100105 Aek Lubuk, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemberdayaan strategi belajar matematika. Adapun salah satu cara pemberdayaan strategi pembelajaran yang mudah menarik minat dan dipahami siswa, dengan menggunakan alat peraga dan pemberian tugas. Proses belajar ini menekankan pada proses pembelajaran yang induktif (berdasarkan fakta), yang materinya langsung dialami siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan kemampuan siswa yang terjadi dengan menggunakan alat peraga potongan balok dalam pengerjaan penjumlahan dan pengurangan pecahan serta tingkat keaktifan, keterampilan dalam menggunakan alat peraga dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian dalam bidang pendidikan yang berssfat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan menignkatkan kualitas pembelajaran secara profesional. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 5 tahap, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pengumpulan data observasi dan tes, dimana observasi digunakan untuk melihat keaktifan siswa, sementara tes digunakan untuk melihat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan di akhir pembelajaran pada tiap pertemuan. Subyek penelitian ini ditujukan pada 24 orang siswa kelas IV SDN 100105 Aek Lubuk yang mana terdiri dari 13 orang siswa lakilaki, 11 perempuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar18,18 % (4dari 24 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 45,siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 37,5 % (9 dari 24 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 57,08. Pada siklus I pertemuan 2persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 58,33% (14 dari 24 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 65,83. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 70,83 % (17 dari 24 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 70,41 dan pada siklus II pertemuan 2persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 91,67 % (22 dari 24 siswa) dan nilai rata-rata kelas yaitu 75. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dan telah mencapai 85% siswa yang tuntas belajar, maka penelitian ini telah dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga potongan balok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangankelas IV SD Negeri 100105 Aek Lubuk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, S.Si., M.Si dan Suparni, S.Si, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar Matematika Siswa; Alat Peraga Potongan Balok; Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 02:50 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 02:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4930 |
Actions (login required)
View Item |