Hasibuan, Sanul (2014) Manajemen peningkatan mutu pendidikan agama (studi kasus di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0189.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (794kB) |
Abstract
Penelitian ini mengupas permasalahan bagaimana manajemen peningkatan mutu pendidikan agama di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu, apa upaya untuk meningkatkan manajemen peningkatan mutu pendidikan agama di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu, serta apa kendala dan cara mengatasi manajemen peningkatan mutu pendidikan agama di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen peningkatan mutu pendidikan agama di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang julu, upaya untuk meningkatkan manajemen peningkatan mutu pendidikan agama di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu, serta kendala dan cara mengatasi manajemen peningkatan mutu pendidikan agama di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. Metode penulisan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara deskriptif dengan menggunakan field research di lapangan dan instrumen pengumpulan yang diambil adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang gunakan adalah sumber data primer dan sekunder. sedangkan analisis data yang dilaksanakan dengan menggunakan langkah reduksi data, editing data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan Dari penelitian yang dilakukan, dapat ditemukan hasil bahwa Bagaimana manajemen peningkatan mutu pendidikan agama di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu yaitu berjalan dengan maksimal baik dan lancar, seperti adanya perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, komunikasi, pengawasan dan penilaian.walaupun masih menemiu kendala, namun tidak sampai pada tingkat kesusahan pada pencapaian tujuan, Upaya-upaya yang dilaksanakan oleh mudir adalah penambahan jam dari kurikulum yang ditetapkan, adanya kewajiban bagi santri Tsanawiyah diwajibkan menghafal al-Qur’an juz 30 bagi kelas I, juz 29 bagi kelas II dan juz 28 bagi kelas III sedangkan untuk ‘Aliyah diwajibkan menghafal minimal 5 juz selain dari hafalan Tsanawiyahnya serta mengorganisir peningkatan mutu pendidikan dengan melaksanakan pelatihan dan workshop, Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan agama di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu adalah kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya tenaga pendidik dan kurangnya dana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra.Hj.Tatta Herwati Daulae,M.A dan Dra.Rosimah Lubis,M.Pd |
Keywords: | Manajemen peningkatan mutu pendidikan agama |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 08:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 08:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4920 |
Actions (login required)
View Item |