Simbolon, Yustridawaty (2014) Hubungan komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Sibabangun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 310 0168.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah komunikasi yang kurang baik yang menyebabkan pembinaan akhlak siswa tidak diperhatikan.Ada beberapa indikasi yang menunjukkan pembinaan akhlak siswa masih kurang antara lain, siswa acuh tak acuh terhadap pelajaran, membolos dari sekolah, siswa datang terlambat,siswa tidak mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru dan sering perhatian siswa terbagi dengan kegiatan lain ketika pembelajaran berlangsung. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 sibabangun? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 sibabangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif dengan rumus Product Moment. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana hubungan komunikasi guru dengan pembinaan akhlak siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i SMP Negeri 2 Sibabangun yang berjumlah 390 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purpossive Sampling. Sampel yang diperoleh berjumlah 30 orang siswa dan guru .Instrument yang digunakan adalah angket dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan analisis data dengan perhitungan korelasi product moment diperoleh ݎ௧௨ =0,123 dan ݎ௧ = 0,374. Ternyata ݎ௧௨< ݎ௧ maka hipotesis dalam penelitian ini tidak diterima .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Sibabangun. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis data menggunakan korelasi prudut moment diketahui rhitung lebih kecil dari rtabel, maka dapat disimpulkan hipotesis ditolak, jadi kesimpulanny adalah tidak terdapat hubunganPermasalahan dalam penelitian ini adalah komunikasi yang kurang baik yang menyebabkan pembinaan akhlak siswa tidak diperhatikan.Ada beberapa indikasi yang menunjukkan pembinaan akhlak siswa masih kurang antara lain, siswa acuh tak acuh terhadap pelajaran, membolos dari sekolah, siswa datang terlambat,siswa tidak mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru dan sering perhatian siswa terbagi dengan kegiatan lain ketika pembelajaran berlangsung. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 sibabangun? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 sibabangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif dengan rumus Product Moment. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana hubungan komunikasi guru dengan pembinaan akhlak siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i SMP Negeri 2 Sibabangun yang berjumlah 390 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purpossive Sampling. Sampel yang diperoleh berjumlah 30 orang siswa dan guru .Instrument yang digunakan adalah angket dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan analisis data dengan perhitungan korelasi product moment diperoleh ݎ௧௨ =0,123 dan ݎ௧ = 0,374. Ternyata ݎ௧௨< ݎ௧ maka hipotesis dalam penelitian ini tidak diterima .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Sibabangun. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis data menggunakan korelasi prudut moment diketahui rhitung lebih kecil dari rtabel, maka dapat disimpulkan hipotesis ditolak, jadi kesimpulanny adalah tidak terdapat hubungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A dan Lis Yulianti Syafrida, S.Psi., M.A |
Keywords: | Komunikasi orangtua dan guru; Akhlak siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 03:42 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 03:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4867 |
Actions (login required)
View Item |