Muhaira, Muhaira (2014) Penerapan model pembelajaran index card match untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada materi bangun ruang kelas VIII MTs Sawah Mudik Kec .Ranah Batahan Kab. Pasaman Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masalah ”Apakah model pembelajaran index card match ini dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di dalam proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang kelas VIII MTs Sawah mudik kec. Ranah batahan kab. Pasaman barat”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan motivasi belajar matematika siswa di dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran index card match di kelas VIII MTs Sawah mudik yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus, satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan/tindakan (action), pengamatan/observasi (observation) dan refleksi (reflection). sejumlah siklus dalam penelitian ini adalah dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini maka diproleh hasil peningkatan persentase indikator motivasi belajar matematika siswa yaitu pada indikator positif dari pertemuan pertama ke pertemuan ke dua, peningkatan persentase terjadi pada indikator motivasi siswa yang tekun menghadapi tugas dan tidak berhenti sebelum selesai yaitu dari hasil persentase rata-ratanya yaitu 46,6% ke 63,3%, siswa yang senang mencari dan memecahkan masalah persentase rataratanya dari 56,6% ke 60% berdasarkan dengan meningkatnya persentase beberapa indikator positif, terjadi penurunan persentase pada indikator negatif yaitu siswa yang tidak memperhatikan dalam belajar yaitu dari 10% ke 7%. Selanjutnya pertemuan ke tiga ke pertemuan ke empat, yaitu terjadi peningkatan siswa yang tekun menghadapi tugas dan tidak berhenti sebelum selesai persentase rata-rata yang diproleh dari 80% ke 86,6%, siswa yang senang menunjukkan minatnya terhadap bermacam masalah dalam belajar pesentase rataratanya yaitu 63,3% ke 83,3%, serta siswa yang senang mencari dan memecahkan masalah persentase rata ratnya dari 70% ke 80%, terjadi penurunan persentase indikator negatif yaitu siswa yang tidak memperhatikan dalam belajar dari 20% ke 6,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asnah dan Mariam Nasution |
Keywords: | index card match; materi bangun ruang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 02:25 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 02:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4853 |
Actions (login required)
View Item |