Nasution, Ria Pebrika (2014) Pengaruh kemampuan guru dalam menyesuaikan metode mengajar terhadap hasil belajar fiqih siswa pada materi pokok wudhu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0192.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih kurangnya pemahaman guru dalam menyesuaikan metode mengajar, hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya perhatian siswa dalam belajar fiqih karena terlalu banyak teori dan hafalan sehingga siswa acuh tak acuh dalam mengikuti proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru hanya terpusat pada satu metode saja, sehingga siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga menyebabkan hasil belajar fiqih siswa rendah. Bagaimanapun sifat bahan ajar dan situasinya, seharusnya metode mengajar yang dipakai haruslah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, sesuai dengan karakteristik siswa serta sesuai dengan situasi dan kondisi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh kemampuan guru dalam menyesuaikan metode mengajar terhadap hasil belajar fiqih siswa pada materi pokok wudhu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 400 orang. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 52 orang dan teknik yang digunakan dalam penarikan sampelnya dengan cara “Cluster Sampling”. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu Angket dan tes. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mengetahui adanya pengaruh antara kemampuan guru dalam menyesuaikan metode mengajar dengan hasil belajar fiqih siswa pada materi pokok wudhu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji statistik dengan alat uji korelasi product moment, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan uji t-test. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa r hitung sebesar 0,919. Kemudian t hitung sebesar 16,486 dan t tabel sebesar 1,675 ternyata t hitung > t tabel, maka hipotesis diterima/ disetujui, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru dalam menyesuaikan metode mengajar terhadap hasil belajar fiqih siswa pada materi pokok wudhu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Magdalena,M.Ag dan Dra.Rosimah Lubis,M.Pd |
Keywords: | Kemampuan guru, Metode mengajar, Hasil belajar |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 09:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 09:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4847 |
Actions (login required)
View Item |