Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan

Harahap, Hotni (2012) Pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073100123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Program Pengayaan Materi PAI Bagi Siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan”, masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana gambaran dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, apakah ada hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, apakah usaha-usaha yang dilakukan guru PAI dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, bagaimana gambaran nilai siswa di SMA Negeri 4 Pdangsidimpuan sebelum dan sesudah diberikan pengayaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan guru PAI dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, untuk mengetahui gambaran nilai siswa di SMA Negeri 4 Pdangsidimpuan sebelum dan sesudah diberikan pengayaan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sebagai sumber data primer adalah guru-guru yang mengajarkan mata pelajaran agama Islam. Sedangkan sumber data skundernya adalah guru-guru yang mengajar mata pelajaran umum di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan dan beberapa buku-buku atau berbagai tulisan yang terkait dengan masalah penelitian ini. Alat pengumpul datanya adalah wawancara langsung dengan sumber data, kemudian observasi atau pengamatan langsung ke lapangan serta dokumen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, gambaran dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi Siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan yang diberikan oleh guru kepada siswa ada beberapa pengayaan di antara ialah : program pengayaan dalam bentuk tugas membaca, program pengayaan dalam bentuk tanya jawab, program pengayaan dalam bentuk tugas diskusi, program pengayaan dalam bentuk menulis, program pengayaan dalam bentuk membuat soal-soal. Hambatanhambatan dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan adalah siswa kurang berminat, siswa tidak mengulangulang materi pelajaran, guru memberikan tugas dan pekerjaan rumah secara tidak teratur dan terlalau banyak, kurangnya sarana dan prasana yang menunjang lancarnya xi proses belajar mengajar. Usaha-usaha yang dilakukan guru PAI dalam pelaksanaan program pengayaan materi PAI bagi siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan adalah usaha guru untuk membangkitkan minat siswa dalam belajar, guru sering mengulang bahan pelajaran, guru menggunakan alat bantu untuk memperjelas pelajaran yang diberikan. gambaran nilai siswa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan sebelum dan sesudah diberikan pengayaan adalah bahwa pengayaan yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah diberikan pengayaan proses belajar mengajar siswa diperoleh hasil belajar yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Syafnan, M. Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Program Pengayaan Materi., Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 09 Sep 2020 08:05
Last Modified: 09 Sep 2020 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4838

Actions (login required)

View Item View Item