Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Satu Atap Kelurahan Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan

Sayuti, Sayuti (2014) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Satu Atap Kelurahan Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0186.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam Islam telah dijelaskan bahwa anak telah mempunyai pembawaan untuk beragama yang disebut fitrah, kemudian fitrah tersebut akan berjalan kearah yang benar bila memperoleh pendidikan agama dengan baik dan mendapatkan pengaruh yang baik pula dalam lingkungannya. Usaha pengembangan serta pemeliharaan potensi tersebut dapat diwujudkan melalui pendidikan formal yang disebut sekolah, karena pendidikan sekolahlah yang mempunyai tujuan yang jelas. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah kurangnya minat siswa terhadap pelajaran pendidikan agama Islam, kurangnya jam pelajaran pendidikan agama Islam dalam seminggu, pemahaman keagamaan siswa yang berbeda-beda. Berdsarkan masalah di atas maka penulis mempunyai rumasan masalah yaitu problem apa yang dihadapi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, problem apa yang dihadapi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan solusi apa yang diberikan pihak sekolah dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode observasi dan interview, sedangkan untuk menganalisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa problematika yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Satu Atap Kelurahan Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan adalah terbatasnya waktu, siswa kurang bisa membaca dan menulis ayat al-Qur’an. Problematika yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Satu Atap Kelurahan Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan adalah terbatasnya waktu, menghadapi macam-macam kualitas keagamaan siswa yang berbeda-beda. Solusi yang diberikan dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah memberikan tugas pekerjaan rumah (PR), membiasakan siswa untuk sering keperpustakaan, menyarankan kepada para siswa untuk menambah sekolah ke madrasah diniyah, mengadakan kegiatan extra pelajaran pendidikan agama Islam pada jum’at sore.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Misran Simanungkalit, M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: PAI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:46
Last Modified: 09 Sep 2020 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item View Item