Harahap, Rodiatul Adawiyah (2015) Penerapan strategi index card match dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD N 0905 Aek Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan kognitif siswa kelas V SD N 0905 Aek Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas, berdasarkan data awal rendah. Proses pembelajaran hanya berpusat pada guru sementara siswa hanya duduk mendengarkan, mencatat dan belajar jika guru memberikan tugas dan latihan saja. Hingga kognitif anak kurang berkembang. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat kelas V SD N 0905 Aek Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas melalui strategi index card macth. Penelitian ini dilakukan guna memudahkan siswa memahami, mengetahui dan menerapkan konsep dalam menyelesaikan soal khususnya operasi hitung bilangan bulat. Strategi Index card macth adalah mencari pasangan kartu yang digunakan sebagai alat bantu mengoperasikan operasi hitung bilangan bulat, kali–bagi–tambah– kurang. Strategi ini digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasihitung bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus, dalam setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek dari penelitian ini adalah kelas V SD N 0905 Aek Bongbongan sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dengan mencari nilai rata-rata siswa dan teknik persentase ketuntasan belajar siswa . Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan penerapan strategi index card macth. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan kognitif siswa sesudah diberikannya tindakan. Pada siklus I peningkatan kemampuan kognitif siswa dari 30,43 % yang tuntas belajarnya menjadi 47,8 %. Pada siklus II juga ada peningkatan kemampuan kognitif dari 47,8 % menjadi 65,21 % siswa yang tuntas. Ini berarti bahwa penerapan strategi index card macth dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat kelas V SD N 0905 Aek Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asnah dan Suparni |
Keywords: | Kemampuan kognitif siswa; proses pembelajaran; |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 04:15 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 04:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4799 |
Actions (login required)
View Item |