Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika di MTSN se-kota Padangsidimpuan

Rozi, Fahru (2014) Persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika di MTSN se-kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan persepsi setiap siswa terhadap kompetensi guru matematika sehingga menimbulkan rasa ingin tahu penulis mengenai bagaimana sebenarnya kompetensi guru matematika menurut tanggapan/ penilaian dari seluruh siswa di MTsN Se-Kota Padangsidimpuan. Rumusan masalah yang diangkat adalah “Bagaimanakah persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika di MTsN Se-Kota Padangsidimpuan?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika di MTsN Se-Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif model deskriptif. Penelitian kuantitatif model deskriptif ini tidak hanya terbatas kepada pengumpulan data dan informasi, tetapi dilanjutkan dengan pengolahan dan analisis data untuk mengetahui gambaran persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan kelas VIII MTsN Se-Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 917 siswa dan sampel penelitian berjumlah 279 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengungkap data persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika adalah angket dan wawancara adalah sebagai instrumen pendukung angket. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa skor tertinggi persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika yang dicapai adalah sebesar 80 dan skor terendah adalah 45. Skor rata-rata (mean) sebesar 64, adapun untuk skor tengah (median) diperoleh sebesar 63, sedangkan untuk skor yang sering muncul (modus) diperoleh sebesar 62. Kriteria persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika yang diperoleh adalah 78,57 % dan diinterpretasikan berada pada kelompok “baik”. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik terhadap kompetensi guru matematika di MTsN Se-Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Mariam Nasution
Keywords: persepsi siswa; kompetensi guru; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:31
Last Modified: 08 Sep 2020 04:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4797

Actions (login required)

View Item View Item