Ningsih, Puji (2012) Pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muhajir Desa Ujung Batu IV Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
083100086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penulisan ini dilatar belakangi bahwa perlunya pendidikan keagamaan dalam kehidupan manusia merupakan bibit terbaik yang diperlukan dalam pembinaan kepribadiannya, karena dengan rasa keagamaan yang kuat dapat menolong manusia baik secara individu maupun sosial dalam menjalani hidup di dunia dan akhirat. Pada saat ini orang tua cenderung kurang memperhatikan pendidikan keagamaan anakanaknya. Meskipun ada orang tua yang tetap melakukan pembinaan keagamaan pada anak-anaknya dengan cara mendidik langsung maupun melalui bantuan guru. Namun banyak pula orang tua yang tidak perduli terhadap pendidikan keagamaan anakanaknya. Untuk menunaikan kewajibannya sebagai orang tua yang harus mendidik anaknya banyak orang tua yang menyerahkan anaknya kesekolah Madrasah. Menurutnya dengan menyekolahkan anaknya ke Madrasah sudah terlepas tanggung jawab orang tua memberikan pendidikan keagamaan. Pada saat ini sudah banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya ke Madrasah bahkan sekarang muridnya sudah sampai 224 anak didik. Maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muhajir Desa Ujung batu IV Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Apa saja faktor penghalang dan pendukung proses pelaksanaan pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muhajir Desa Ujung Batu IV Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan ialah untuk mengetahui bagaimana sebenarnya gambaran pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah AlMuhajir Desa Ujung Batu IV Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas serta untuk mengetahui faktor penghalang dan pendukung proses pelaksanaan pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muhajir agar pendidikan keagamaan di Madrasah itu dapat diterapkan oleh anak didik. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan (field research) dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan observasi. Pengolahan dan analisa data dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian diatas, maka diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muhajir masih kurang baik hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu utamanya tentang masih banyak guru yang tamatan pesantren/sederajat sehingga kurang mengetahui bagaimana strategi mengajar yang baik itu, serta kurangnya sarana dan prasarana di Madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Muslim Hasibuan, M. A dan Drs. H. Zulfan Efendi, M. A |
Keywords: | Pendidikan Keagamaan., Pembinaan Kepribadian. |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 02:51 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 02:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4788 |
Actions (login required)
View Item |