Sahrida, Sahrida (2015) Penerapan metode hafalan dalam upaya meningkatkan hasil belajar quran hadis siswa kelas VIII Di MTs N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
113100127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa kegiatan belajar mengajar sebelum diterapkannya metode hafalan hasil belajar siswa masih minim. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya kemampuan siswa dalam menghafal ayat dan hadis pada saat pembelajaran. Selain itu, siswa juga terlihat kurang mampu mengingat,mengucapkan/menyampaikan dan menuliskan kembali ketika dilakukan tes terhadap ayat dan hadis yang dihafalnya . Maka untuk meningkatkan hasil belajar quran hadis siswa, guru mencoba untuk menerapkan metode hafalan. Dalam penerapan metode ini, siswa akan diberikan beberapa ayat dan hadis yang ditentukan sesuai materi yang diajarkan untuk dihafal dalam waktu yang ditentukan. Penelitian ini mengupas tentang apakah dengan penerapan metode hafalan dapat meningkatkan hasil belajar quran hadis siswa kelas VIII di MTs N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar quran hadis siswa kelas VIII di MTsN 2 Padangsidimpuan, serta penelitian ini berfokus pada hasil belajar quran hadis siswa dengan penerapan metode hafalan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode hafalan dalam upaya meningkatkan hasil belajar quran hadis siswa kelas VIII di MTs N 2 Padangsidimpuan. Sehubungan dengan ini pendekatan yang dikaukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hasil belajar siswa dan metode hafalan dalam materi Quran Hadis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas secara kolaboratif bersama guru kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-4 MTs N 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 32 siswa.Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, maka digunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis datanya dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode hafalan dapat meningkatkan hasil belajar quran hadis. Peningkatan ini dapat dilihat dari meningkatnya persentase jumlah nilai dan juga nilai rata-rata kelas terhadap materi yang disampaikan. Pada pra siklus terlihat nilai rata-rata kelas sebesar 53,67 dengan 6 orang yang tuntas, persentase ketuntasan sekitar 18,75%. Siklus I pertemuan I terlihat nilai rata-rata kelas 64,87 dengan 11 orang yang tuntas, persentase ketuntasan sekitar 34,37%. Siklus I pertemuan II terlihat nilai rata-rata kelas 70,39 dengan 16 orang yang tuntas, persentase ketuntasan sekitar 50%. Siklus II pertemuan III terlihat nilai rata-rata kelas 77,26 dengan 23 orang yang tuntas,nilai ini telah melebihi nilai standar ketuntasan yang ditetapkan, persentase ketuntasan sekitar 71,87%. Siklus II pertemuan IV terlihat nilai rata-rata kelas 85 dengan 29 orang yang tuntas,nilai ini telah melebihi nilai standar ketuntasan yang ditetapkan, persentase ketuntasan sekitar 90,62% dalam kategori sangat baik yakni sebanyak 29 orang siswa. Kegiatan Belajar Mengajar., Meningkatkan Hasil Belajar., Quran Hadis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan H.Ali Anas Nasution,M.A |
Keywords: | Kegiatan Belajar Mengajar., Meningkatkan Hasil Belajar., Quran Hadis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 07:56 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 07:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4746 |
Actions (login required)
View Item |