Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemberdayaan sumber belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri I Padangsidimpuan

Nurkhalilah, Nurkhalilah (2015) Pemberdayaan sumber belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri I Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemberdayaan Sumber Belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri I Padangsidimpuan”. adalah suatu kajian tentang upaya yang dilakukan guru-guru dalam pemberdayaan sumber belajar di MTsN I Padangsidimpuan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan sumber belajar dan solusi dalam menanggulangi kendala dalam pemberdayaan sumber belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri I Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengambarkan pemberdayaan sumber belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri I Padangsidimpuan, untuk menemukan kendala yang dialami guru dalam pemberdayaan sumber belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri I Padangsidimpuan, untuk menemukan solusi dalam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan sumber belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri I Padangsidipuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif artinya mendeskripsikan keadaan yang ditemui dilokasi penelitian yang terdiri dari fakta-fakta, kejadian, dan menggambarkan objek yang diteliti secara sistematis. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada responden, observasi. Pengolahan dan analis data yang dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif Pemberdayaan sumber belajar di MTsN I Padangsidimpuan adalah sumber belajar berupa manusia yaitu guru yang dimanfaatkan untuk menyampaikan materi pelajaran, bahan ( buku paket, gambar, peta, potongan ayat dan hadits). Lingkungan ( alam sekitar lingkungan sosial dimamfaatkan sebagai materi yang disampaikan, alat dan peralatan (CD pembelajaran tape recorder, laptop LCD, infokus dan sebagainya). aktifitas berupa kombinasi antara teknis penyajian bahan dengan buku, simulasi dan karyawisata, pesan dan teknik. Kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan sumber belajar di MTsN I Padangsidimpuan adalah keterbatasan sumber belajar yang tersedia, keterbatasan waktu, keterbatasan pengetahuan. Untuk mengatasi beberapa kendala dan kekurangan tersebut maka solusi yang diberikan guru dan pihak sekolah diharapkan memamfaatkan sumber belajar yang ada secara maksimal dan mencari sumber lain melalui internet dan guru dari sekolah lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muhammad Darwis Dasopang M. Ag dan Hamka, M.Hum
Keywords: Pemberdayaan Sumber Belajar., Upaya Yang Dilakukan Guru-Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:50
Last Modified: 04 Sep 2020 07:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item