Rodiah, Rodiah (2015) Penggunaan metode problem solving dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di Mts S Jabalul Madaniyah Sijungkang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa kegiatan belajar mengajar sebelum diterapkannya metode problem solving kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari kurang inisiatifnya siswa dalam mencari sumber informasi yang relevan dengan materi pembelajaran. Selain itu, siswa juga terlihat masih lemah dalam mengembangkan penadapatnya sendiri ketika diminta untuk mengemukakan pendapat akan suatu permasalahan khususnya pada mata pembelajaran fiqih. Maka untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tersebut, guru mencoba untuk menerapkan metode problem solving. Dalam penerapan metode ini, siswa akan diberikan suatu permasalahan yang harus mereka pecahkan. Penelitian ini mengupas tentang apakah dengan meggunakan metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs S Jabalul Madaniyah Sijungkang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs S Jabalul Madaniyah Sijungkang, serta penelitian ini berfokus pada kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menggunakan metode problem solving. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penggunaan metode problem solving dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs S Jabalul Madaniyah Sijungkang. Sehubungan dengan ini pendekatan yang dikaukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kemampuan berpikir siswa dan metode Problem solving pada pokok bahasan haji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas secara kolaboratif bersama guru kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 MTs S Jabalul Madaniyah Sijungkang berjumlah 32 siswa. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, maka digunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis datanya dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelejaran fiqih. Peningkatan ini dapat dilihat dari meningkatnya persentase jumlah nilai dan juga nilai rata-rata kelas terhadap materi yang disampaikan. Pada siklus I pertemuan I terlihat nilai rata-rata kelas pada pre-test 58,33 dengan 6 orang yang tuntas, persetase ketuntasan siswa sekitar 18,75% dan post- test 66,40 persentase ketuntasan 46,875% yakni sebanyak 15 siswa. Siklus I pertemuan II nilai rata siswa pada pre-test 67,18 dan pos test 75,60, persentase ketuntasan 68,75% yakni sebnayan 22 siswa. Siklus II pertemuan I nilai rata-rata pada pre-test 71,88 dan post-test 78,64 nilai ini telah melebihi nilai standar yang ditetapkan, persentase ketuntasan 84,375% yakni sebanyak 26 siswa. Siklus II pertemuan II nilai rata-rata pada pre-test 72,109 dan posttest 88,48 nilai ini telah melebihi nilai standar yang ditetapkan, pertentase ketuntasan 95,75 dalam kategori sangat baik yakni sebanyak 30 orang siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Replita dan Lis Yulianti Syafrida Siregar |
Keywords: | Pembelajaran; Metode; kemampuan siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 02:56 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 02:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4727 |
Actions (login required)
View Item |