Hasibuan, Nurmaiyah (2015) Efektivitas metode pembinaan akhlak siswa melalui proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri I Ranto Baek kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0257.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah akhlak siswa kurang baik, baik didalam sekolah maupun diluar sekolah, apabila proses pembelajaran berlangsung akhlak peserta didik nampak terlihat jelas bahwa peserta didik tidak menghiraukan apa yang dikatakan oleh pendidik didalam ruangan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana akhlak siswa di SMP Negeri 1 Ranto Baek, Bagaimana efektifitas metode pembinaan akhlak siswa melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1Ranto Baek, dan apa saja kendala yang dihadapi guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 1 Ranto Baek. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa di SMP Negeri I Ranto Baek, untuk mengetahui efektivitas metode pembinaan akhlak siswa melalui proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek, untuk mengetahui kendala yang di hadapi guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 1 Ranto baek. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu keagamaan sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan akhlak, dan metode pembinaan akhlak Metodologi penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang di butuhkan di gunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah di lakukan penelitian, maka diperoleh gambaran bahwa akhlak siswa di SMP Negeri 1 Ranto Baek kurang baik, seperti, Akhlak siswa kepada Allah, Akhlak siswa sesama siswa, akhlak siswa kepada manusia, akhlak siswa kepada lingkungan, efektivitas metode pembinaan akhlak siswa melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa memiliki akhlak yang baik kepada Allah yaitu dengan melaksanakan perintanhnya. Metode dalam pembinaan akhlak siswa dalam proses belajar mengajar antara lain yaitu: metode hiwar, metode kisah, metode Amtsal, metode Keteadanan, metode Pembiasaan, metode ibrah dan mau’izhah, metode targhib dan tarhib. Kendala yang di hadapi guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri I Ranto Baek sulit mengontrol perilaku siswa sepenuhnya, ketidak siapan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra.Hj.Tatta Heiawati daulae, M.A dan Muhlison,M.Ag |
Keywords: | Pembinaan akhlak siswa,Pendidikan agama islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 08:28 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 08:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4712 |
Actions (login required)
View Item |