Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan

Alawiyah, Resti Mariati (2014) Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0181.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar, terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara. Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti diharapkan Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat manajemen pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat manajemen pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis melakukan penelitian di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri sumber data primer dan sekunder. Beberapa pertimbangan, subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala dan guru agama pendidikan agama Islam. Selanjutnya dilakukan penelitian, observasi di lokasi penelitian serta mewawancarai sumber data yang telah ditentukan. Observasi dan wawancara yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan adalah guru PAI yang menyusun perencanaan pembelajarannya sesuai dengan KTSP, Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan berjalan sebagaimana mestinya, dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh guru PAI dan dalam menyampaikan pembelajarannya menggunakan beberapa metode yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan mengikuti KTSP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Misran Simanungkalit dan Muhammad Yusuf Pulungan
Keywords: Pembelajaran; pendidikan agama Islam; manajemen
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:02
Last Modified: 03 Sep 2020 04:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4692

Actions (login required)

View Item View Item