Hasibuan, Ilda (2015) Pengaruh pembelajaran tematik terhadap aspek kognitif siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya kesulitan siswa dalam mempelajari matematika khususnya bilangan bulat pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar matematika ditinjau dari aspek kognitif siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran tematik terhadap aspek kognitif siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran tematik terhadap aspek kognitif siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Sehingga penelitian ini diharapkan berguna untuk peserta didik, pendidik, bagi sekolah, serta penulis. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh pembelajaran tematik terhadap aspek kognitif siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan aspek kognitif dan pembelajaran tematik dan pokok bahasan bilangan bulat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desaign. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV yang berjumlah 60 siswa. Sedangkan sampel penelitian yang diambil yaitu, kelas IV-A yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B dengan jumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes berbentuk uraian (essay test). Sedangkan untuk pengelolaan dan analisis data adalah rumus chikuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh beberapa perhitungan, untuk kelas eksperimen yaitu mean adalah 79, dan untuk kelas kontrol yaitu mean adalah 71. Kemudian berdasarkan perhitungan uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 10,0> ttabel = 1,95; maka rata-rata hasil belajar kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan bilangan bulat menggunakan pembelajaran tematik lebih baik daripada hasil belajar kemampuan kognitif siswa yang tidak menggunakan pembelajaran tematik. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan pembelajaran tematik terhadap aspek kognitif siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan Tenggara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Pembelajaran tematik; Aspek kognitif; Bilangan bulat |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 02:02 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 02:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4682 |
Actions (login required)
View Item |