Siregar, Riska Lestari (2015) Hubungan Emotional Quotient dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor penyebab dalam diri setiap individu sehingga faktor ini memiliki hubungan dengan prestasi belajarnya. Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional (Emotional Quotient). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan, yang seluruhnya berjumlah 319 siswa. Sampel penelitian adalah 63 siswa, menggunakan teknik cluster random sampling. Dalam pengumpulan data digunakan metode skala untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman, dan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai raport siswa semester II Tahun Ajaran 2014-2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan menurut perhitungan skala adalah 73,7. Sedangkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan memiliki rata-rata 85,4. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,181 (pada taraf signifikan 5%). Selanjutnya dilakukan perhitungan uji t = 1,438 (pada taraf signifikan 5 %). Hasil analisis dari perhitungan korelasi menunjukkan bahwa t
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Lelya Hilda,M.Si dan Lis Yulianti Syafrida Siregar,S.Psi.,M.A |
Keywords: | Emotional quotient (kecerdasan emosional), Prestasi belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 04:06 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 04:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4677 |
Actions (login required)
View Item |