Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan pemahaman konsep garis dan sudut dengan penguasaan bangun ruang pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan

Khodijah, Siti (2015) Hubungan pemahaman konsep garis dan sudut dengan penguasaan bangun ruang pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Bangun Ruang kurang memuaskan dan masih banyak hambatan-hambatan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang memahami materi prasyarat untuk dapat menyelesaikannya dengan baik, yaitu salah satunya adalah Garis Dan Sudut. Pemahaman konsep Garis Dan Sudut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun Ruang. Kurangnya penguasaan bangun ruang merupakan pengetahuan dasar dari pemahaman garis dan sudut serta kurangnya perhatian guru terhadap keterampilan prasyarat yang dimiliki siswa. Berdasarkan halt ersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep garis dan sudut dengan penguasaan bangun ruang pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Terpadu AlHusnayain Panyabungan sebanyak 50 siswa, sedangkan sampelnya merupakan keseluruhan dari populasi yaitu 50 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk multiple choice. Kemudian untuk menguji hipotesis yang telah diajukan digunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan maka ditemukan (rxy) = 0.803 > rtabel 0.279. Dan nilaithitung 9.334 > ttabel1.677 dengan interval kepercayaan 5% dan dk= n – 2 = 50 -2 = 48. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep garis dan sudut dengan penguasaan bangun ruang di kelas X SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Samsuddin, M.Ag dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Garis dan sudut; Bangun ruang; SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 02 Sep 2020 09:21
Last Modified: 02 Sep 2020 09:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4672

Actions (login required)

View Item View Item