Maisaro, Maisaro (2015) Peran ibu dalam mendidik kecerdasan emosional anak di Desa Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah di Desa ini tampak jelas gejolak emosional anak yang timbul dikarenakan suasana rumah yang cenderung tegang serta kegelisahan anak sehingga turut mempengaruhi tingkah laku anak. Makanya orang tua memilki peranan penting dalam proses pembentukan emosional anak serta memperhatikannya agar tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya dengan kebiasaan buruk yang ada pada anak. Perlakuan kasar dan manja dapat membangkitkan gejolak emosional anak, disebabkan rasa tegang, dan rasa tidak senang serta berdampak pada kecerdasan emosional anak. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana peran ibu dalam mendidik kecerdasan emosional anak di Desa Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui peran ibu dalam mendidik kecerdasan emosional anak di Desa Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan kajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu pendidikan umum. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk diskriptif kualitatif, diskriptif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah metode yang ditempuh dengan menggunakan analisis diskriptif, adapun informan dalam penelitian ini adalah ibu-ibu di Desa Sosopan, untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan (filed research) dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Peran Ibu Dalam Mendidik Kecerdasan Emosional Anak Di Desa Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara yaitu: peran yang dilakukan oleh ibu-ibu di Desa ini sebai teladan bagi anak-anaknya, sebagai motivator, pemberi kasih sayang dan peran ibu dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak, dengan cara membangun komunikasih yang baik antara ibu dan anak, mengajarkan berdoa dalam aktivitas sehari-hari, pengasuhan yang diberikan ibu dengan tidak memanjakan anak dan terbuka pada anak melalui didikan yang berpengetahuan, melatih anak mengeluarkan pendapat, membantu merumuskan cita-cita anak, menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul serta kisah agung atau teladan serta melibatkan anak dalam kegiatan keagamaan. Tapi sebagian ibu-ibu ada yang tidak menerapkan yang demikian yaitu 20 0rang ibu-ibu, dan sebagian lagi meraka menerapkan yang demikian yaitu sejumlah 30 0rang ibu-ibu yang mendidik kecerdasan emosional anakya. Sebab ibu yang menerapkan yang demikian mereka memperhatikan anaknya dan mendidiknya dengan baik, dan menasehatinya jikalau anak mereka salah. Dan yang tidak menerapkan yang demikian dikarenakan ibu-ibu tersebut sibuk dengan pekerjaanya masing-masing sehingga kurang memperhatikan anaknya dan juga dalam mendidik kecerdasan emosional anaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Kecerdasan Emosional |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 09:07 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 08:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4671 |
Actions (login required)
View Item |