Tanjung, Akbar (2015) Pembentukan kepribadian anak didik menurut Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
113100004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Kepribadian adalah sifat atau karakter yang membedakan seseorang dengan yang lainnya.dalam dunia pendidikan kepribadian adalah hal yang utama yang harus dibentuk dalam diri seorang peserta didik. Sehingga akhlak dan budi pekerti seorang peserta didik itu mencerminkan tujuan dari pendidikan itu sendiri yakni menjadi insan kamil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja aspek-aspek pembentuk kepribadian anak didik, apa-apa saja faktor pembentuk kepribadian anak didik beserta apa saja upaya untuk membentuk kepribadian peserta didik yang dituangkan al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al- Walad. Kepribadian adalah semua unsur-unsur jiwa termasuk fikiran, emosi sikap dan perasaan, yang dalam keseluruhan dan kebulatan yang akan menetukan corak laku cara menghadapi suatu hal yang menekan suatu erasaan mengeewakan atau menggembirakan. Aspek-aspek kepribadian terdiri dari bermacam-macam aspek baik aspek pisik maupun aspek psikis sepertiinteligensi, pernyataan diri dan cara menerima kesan-kesan dan pengetahuannya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian anak didik itu adalah faktor pembawaan (hereditas), lingkungan dan citra diri (self concept). Adapun tujuan penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan tentang pembentukan kepribadian peserta didik menurut al-ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), pendekatan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data yang dipakai untuk pengumpulan data adalah teknik dokumentasi, Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa aspek-aspek yang al-Ghazali tuangkan dalam kitab Ayyuha al-Walad ada empat yakni: (1). Ketaatan, (2). Ubudiyah, (3). Tawakkal (4). Ikhlas. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian dalam kitab Ayyuha al-Walad adalah terdapat dua faktor yaitu faktor citra diri (self concept) yaitu tawadhu dalam penguasaan ilmu, jujur dan menyampaikan apa yang diketahuinya, niat untuk menyempurnakan akhlaknya, dan rendah hati (tawadhu). Kemudian faktor lingkungan yakni: faktor lingkungan sosial seperti Selalu berinteraksi dengan orang-orang yang shaleh, Tidak menerima pemberian dari pejabat negara. Untuk upaya pembentukan kepribadian al-Ghazali menuangkannya bahwa menjadi teladan yang baik, mujahadah dan riyadhah nafsiyahdan hidup sederhana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag dan Anhar, M.A |
Keywords: | Kepribadian Anak Didik; Al-Ghazali; Kitab Ayyuha Al-Walad |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 03:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 03:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4668 |
Actions (login required)
View Item |