Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal

Lubis, Suhailah (2015) Analisis manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini pada dasarnya adalah manajemen pendidikan fokus permasalahan penelitian tentang manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal. Rumusan permasalahan dalam penelitian adalah manajemen pendidikan dan upaya dalam meningkatkan manajemen serta kendala yang dihadapi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal tersebut. Teori dasar yang dipakai dalam penelitian adalah Pengertian manajemen, manajemen penddidkan, ruang lingkup manajemen Pendidikan, unsur-unsur manajemen pendidikan, faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen dan fungsi manajemen dalam Pendidikan. Selanjutnya teori kajian peranan manajemen dalam mencapai tujuan pendidikan, manajemen yang fleksibel, efektif dan efesien dan posisi Kepala sekolah Tempat penelitian ini adalah dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal yang beralamat di Jln. Medan Padang, Sumatera Utara. Dilaksanakan selama bulan Maret hingga April 2015. Metode penelitian menggunakan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif.. Adapun sumber data penelitian ini adalah sekunder dan primer. Pada pengolahan data penelitian menggunakan observasi dan wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan cara menyeliksi, mengelompokkan dan mendeskrifsikan data. Penelitian yang dilakukan, dapat ditemukan hasil bahwa bagaimana manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal yaitu, Pelaksanaan manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal fungsi-fungsinya belum terlaksana dengan sepenuhnya. Pada kenyataannya sarana prasarana belum memadai termasuk dibidang media computer, Lab. Fisika dan biologi. Maka dikatakan manajemen yang baik adalah termasuk sarana prasarana atau media yang mendukung sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin demi menunjang pendidikan yang berkualitas. pada pencapaia tujuan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan mengorganisir peningkatan pendidikan dengan upaya melaksanakan pelatihan dan workshop bagi guru-guru yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru-guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kendala yang dihadapi dalam pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan adalah kurangnya pemampaatn sarana prasarana dan perlu adanya perencanaan dalam pengelolaan yang dilakukan secara professional demi menunjang tujuan pendidikan. Drs. Nasruddin Hasibuan, M.Pd selaku pembimbing l dan Ibu Dra. Rosimah Lubis, M.Pd

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Nasruddin, M.Pd dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd
Keywords: Manajemen Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:23
Last Modified: 02 Sep 2020 07:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item