Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi paedagogik guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan

Nur, Fauziah (2015) Kompetensi paedagogik guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengupas permasalahan bagaimana Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan di atas, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan”. Kompetensi paedagogik merupakan kemampuan seorang guru untuk memiliki pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, memiliki pemahaman terhadap peserta didik, mampu mengembangkan kurikulum/silabus, mampu menyusun rancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, melakukan evaluasi hasil belajar dengan prosedur yang benar, serta mampu mengembangkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka digunakan penelitian kualitatif dengan menggunaka metode deskriptif yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang terdapat di lapangan. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara tidak terstruktur dan observasi. Adapun responden atau informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yakni 2 orang guru Pendidikan Agama Islam, seorang kepala sekolah, dan 4 orang siswa. Setelah penelitian ini dilakukan kepada responden sebanyak 7 orang, maka diperoleh hasil bahwa Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan masih cukup, hal ini dibuktikan dengan guru Pendidikan Agama Islam masih kesulitan dalam memahami siswa seperti kecakapan dan kepribadian, serta melakukan evaluasi hasil belajar dengan benar sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar khususnya bidang studi Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Kompetensi Paedagogik., Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa., Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 01 Sep 2020 05:23
Last Modified: 01 Sep 2020 05:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item View Item