Harahap, Arif Hidayat (2015) Pengaruh demonstrasi benda konkret terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII MTsS H. Ibrahim Gunung Martua Kecamatan Portibi Kabupaten Padanglawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Sekolah MTsS H. Ibrahim merupakan salah satu sekolah yang siswanya memiliki hasil belajar matematika yang rendah khususnya pada materi aritmatika sosial. Siswa yang memiliki kemampuan rendah dikarenakan siswa tersebut kurang memahami tentang materi pelajaran. Dengan demonstrasi benda konkret ketika mempelajari materi aritmatika sosial guru dapat membawa beberapa benda nyata ke dalam kelas kemudian menyuruh siswa melakukan transaksi jual beli. Dengan memperagakan transaksi jual beli secara langsung maka siswa akan lebih mengetahui makna dari aritmatika sosial dan pengalaman tentang aritmatika sosial akan tertanam dalam ingatan siswa. Meskipun di lokasi penelitian salafiah lebih diutamakan dan kebanyakan siswa berasal dari sekolah MIN maka dengan metode demonstrasi benda konkret masalah tersebut dapat diatasi. Dengan metode demonstrasi benda konkret siswa akan megalami secara langsung sehingga meskipun pelajaran matematika tidak diutamakan tapi materi akan tertanam dalam inggatan siswa karena siswa mengalami kegiatan demonstrasi secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara demonstrasi benda konkret terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII MTsS H. Ibrahim Gunung Martua Kecamatan Portibi Kabupaten Padanglawas Utara. Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTsS H. Ibrahim Gunung Martua Kecamatan Portibi Kabupaten Padanglawas Utara yang terdiri dari satu kelas dan berjumlah 32 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes bertujuan untuk mengukur kemampuan awal siswa sebelum digunakan metode demonstrasi benda konkret dan postes digunakan untuk memperoleh kemampuan akhir siswa. Untuk melihat pengaruh metode demonstrasi benda konkret terhadap hasil belajar siswa materi aritmetika sosial peneliti menggunakan uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu peneliti menganalisa nilai rata-rata awal yang diperoleh siswa sebesar 54 dan nilai rata-rata akhir yang diperoleh siswa setelah diterapkan metode demonstrasi benda konkret sebesar 88,34. Dari rata-rata yang diperoleh dapat dilihat ada perbedaan, namun untuk memastikan bahwa perbedaan itu signifikan maka peneliti melakukan uji-t. Hasil analisa data menunjukkan thitung >ttabel yaitu 14,589 > 2,0315 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara demonstrasi benda konkret terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII MTsS H. Ibrahim Gunung Martua Kecamatan Portibi Kabupaten Padanglawas Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti dan Suparni |
Keywords: | Metode demonstrasi benda konkret, hasil belajar matematika, aritmatika sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 03:03 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 03:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4608 |
Actions (login required)
View Item |