Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pembelajaran akidah akhlak di MTS Negeri Batang Toru

Risno, Ali (2015) Strategi pembelajaran akidah akhlak di MTS Negeri Batang Toru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
103100211.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Strategi pembelajaran adalah upaya yang dilakukan guru dalam menentukan metode atau cara dan alur isi pembelajaran serta intraksi antara pengajar dan peserta didik. Salah satu penyebab tingginya hasil belajar siswa adalah strategi guru yang baik dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apasaja materi aqidah akhlak yang diajarkan di Mts Negeri Batang Toru dan bagaimana strategi pembelajaran aqidah akhlak di Mts Negeri Batang Toru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja materi yang diberikan guru dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Batang Toru dan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Btang Toru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftip lapangan. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Batang Toru. Instrumen penelitian ini digunakan yaitu dengan menggunakan observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengajaran melalui strategi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh bahwa materi pendidikan aqidah akhlak yang diajarkan di MTs Negeri Batang Toru adalah materi tentang iman kepada Allah, iman kepada malaikat Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada rasul Allah, iman kepada hari kiamat dan iman kepada kodar baik dan kodar buruk. Adapun strategi pembelajaran aqidah akhlak yang dilakukan guru adalah: 1. Berorientasi pada Tujuan dalam sistem pembelajaran tujuan merupakan komponen-komponen yang utama. Segala aktivitas guru dan siswa, mestilah diupayakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. 2. Aktivitas belajar bukanlah menghafal sejumlah fakta atau informasi. Belajar adalah berbuat, memperoleh pengalaman tertentu sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 3. Individualitas mengajar adalah usaha mengembangkan setiap individu siswa. Walaupun kita mengajar pada sekelompok siswa, pada hakikatnya yang ingin kita capai adalah perubahan perilaku setiap siswa. 4. Integritas mengajar harus dipandang Sebagai usaha mengembangkan seluruh peribadi siswa. Mengajar bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, akan tetapi juga meliputi pengembangan asfek afektif dan asfek psikomotorik. Oleh karena itu, strategi pembelajaran harus dapat mengembangkan seluruh aspek kepribadian siswa secara terintegrasi Penerapan strategi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak kepada Allah maupun sesama siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa.Penerapan strategi pembelajaran di MTs Negeri Batang Toru dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muslim Hasibuan, M.A dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Strategi Pembelajaran., Metode Atau Cara Dan Alur Isi Pembelajaran., Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:43
Last Modified: 01 Sep 2020 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item