Sihite, Andri Mulyadi (2014) Kompetensi guru matematika di Madrasah Aliyah Negeri Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
083300008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi paedagogik guru matematika di MAN Doloksanggul, Bagaimana kompetensi kepribadian guru matematika di MAN Doloksanggul, Bagaimana kompetensi sosial guru matematika dalam berinteraksi dengan lingkungan sekolah dan luar sekolah MAN Doloksanggul, Bagaimana kompetensi professional guru matematika di MAN Doloksanggul, dan Apa sajakah masalah kompetensi Guru Matematika di MAN Doloksanggul serta apa upaya penanggulangan masalah kompetensi guru Matematika di MAN Doloksanggul. Berdasarkan masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi paedagogik guru matematika di MAN Doloksanggul, mengetahui kompetensi kepribadian guru matematika di MAN Doloksanggul, mengetahui kompetensi social guru matematika dalam berinteraksi dengan lingkungan sekolah dan luar sekolah MAN Doloksanggul, mengetahui kompetensi professional guru matematika di MAN Doloksanggul, mengetahui masalah kompetensi Guru Matematika di MAN Doloksanggul dan Mengetahui upaya penanggulangan masalah kompetensi guru Matematika di MAN Doloksanggul. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Doloksanggul, yang sumber datanya adalah guru-guru MAN Doloksanggul yaitu guru Matematika khususnya dan guru yang mengajar di MAN Doloksanggul dan kepala sekolah MAN Doloksanggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Instrument pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Setelah penelitian ini dilaksanakan dapat diketahui bahwa kompetensi paedagogik guru Matematika di MAN Doloksanggul masih butuh pembenahan, kompetensi kepribadian guru Matematika di MAN Doloksanggul juga masih kurang baik terutama dalam kedisiplinan dan wibawa, kompetensi social guru Matematika adalah masalah komunikasi yang kurang efektif dengan peserta didik, kompetensi Profesional guru matematika juga masih kurang dalam pengembangan materi ajar. Masalah kompetensi Guru Matematika di MAN Doloksanggul yang paling mendasar adalah ilmu mendidik yang masih minim, sehingga dalam proses belajar-mengajar, guru tidak tahu mengelola pembelajaran dengan baik. Upaya penanggulangan masalah kompetensi guru Matematika di MAN Doloksanggul antara lain; pihak sekolah memberikan kesempatan kepada guru-guru matematika untuk bergabung aktif dengan organisasi keguruan serta rajin dalam mengikuti seminar-seminar pendidikan dan penataran-penataran keguruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Kompetensi Guru Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 04:23 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 04:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4593 |
Actions (login required)
View Item |